Bakti Sosial ke Panti Asuhan Ar Raudhah Gerokgak Singaraja Bali

Alhamdulillah, acara untuk berbagi bersama dengan anak - anak Panti Asuhan Ar Raudhah Gerokgak Singaraja telah dilaksanakan 17 September 2009 (28 Ramadhan 1430H). Acara yang digagas oleh duo BOC (Bali Orange Communication dan Bali Outbound Community) yang juga diikuti serta didukung oleh rekan - rekan, sahabat - sahabat, individu - individu dan juga terbuka untuk umum sebagai donatur ataupun yang ikut serta dalam rombongan.

Perjalanan ke Gerokgak Singaraja dimulai jam 16.00, mulai dari kantor BOC dengan 4 buah kendaraan yang lumayan penuh dengan rombongan dan juga kardus - kardus sumbangan yang berisi pakaian, mie instan, beras, gula, dan snack. Kita baru bisa berangkat menjelang sore karena memang kesibukan dan beberapa aktifitas sahabat - sahabat yang ikut serta dalam rombongan karena memang terdiri dari individu - individu yang plural dengan berbagai jenis aktifitas yang berbeda pula. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat semua rombongan.

Kita berbuka puasa di atas Bukit Jegeg (kalau tidak salah namanya), di atas bukit tersebut kita bisa melihat indahnya pemandangan dua danau terindah di Pulau Dewata ini, Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Ini pengalaman pertama saya menikmati buka puasa bersama di alam terbuka dan juga betapa cantiknya alam di sekeliling, Subhanallah.

Para rombongan baru sampai di Panti Asuhan Ar Raudhah sekitar jam 22.00 - setalah singgah di Rumah Agus Sofyan, sahabat kita di Singaraja yang juga sebagai pemandu jalan ke panti asuhan yang kita kunjungi. Sambutan sederhana tapi hangat dari 65 anak - anak panti asuhan dan juga 7 orang pengurusnya. Para rombongan pun berbagi cerita, berbagi kebahagian bersama dalam suasana hangatnya Ramadhan ini - senyuman indah dan malu - malu pun terbersit dalam wajah - wajah manis anak - anak panti waktu kita ngobrol santai. Yang membuat hati saya bergetar dan 'trenyuh', padahal baru menjelang tengah malam - pas kita berfoto bersama - suara ayam jago berkokok bersahut - sahutan, Ya Allah semoga Engkau Ridhoi amalan kita semua - bahagia bercampur dengan haru.

Terima kasih buat sahabat - sahabat semua yang ikut serta dalam rombongan, para sahabat yang belum bisa berkesempatan untuk ikut bersama - terima kasih atas doa dan donasinya. Semoga amalan kita semua diterima oleh Allah SWT. Semoga hari - hari kita ke depan tetap diisi dengan semangat kebersamaan, senantiasa berbagi bersama meski hanya senyuman kebahagiaan atau pahitnya kehidupan ini - kalau kita bagi bersama akan lebih ringan untuk dihadapi.


Laporan Kegiatan

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberikan jalan bagi kami untuk melaksanakan penyaluran zakat dan sumbangan amal dari para donatur yang dermawan. Kegiatan penyaluran zakat dan sumbangan amal ini kami beri tajuk "Serahkan harta mereka yang selama ini kita nikmati. Yakin gak bakalan rugi !", berlangsung pada hari kamis, 17 September 2009 di Panti Asuhan Ar Raudhah, Gerokgak – Singaraja, Bali.

Ide awal kegiatan ini muncul pada momen buka puasa bersama pada hari minggu, 13 September 2009 yang dihadiri oleh Bali Orange Communications dan Bali Outbound Community. Kami ingin menyerahkan zakat fitrah secara langsung ke Panti Asuhan. Agar kuatitas zakat fitrah menjadi banyak, maka kami sepakat untuk menyebarkan dan mengundang teman-teman dan masyarakat umum untuk ikut serta. Berhubung kegiatan berbagi adalah hal yang umum pada semua agama, maka donatur yang menyumbangkan sebagian dari hartanya adalah dari berbagai agama. Jadi, kegiatan yang bertajuk seperti tersebut diatas, tidak hanya menyerahkan zakat fitrah, tetapi segala macam niat amal secara umum.

Langkah pertama dari kegiatan ini adalah mengatur strategi kampanye agar mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat, dimana penyerahan sumbangan akan berlangsung pada hari kamis, 17 September 2009. Selama 4 hari, mayoritas media yang digunakan untuk menyebarkan undangan adalah Facebook dan pemberitahuan secara mulut ke mulut secara berantai.

Pada akhirnya, zakat fitrah dan sumbangan amal yang berhasil terkumpul dan diserahkan ke panti asuhan tersebut adalah :

  • - Dana tunai : Rp. 18.392.000
  • - Beras : 225 Kg.
  • - Mie Instan : 6 dus.
  • - Gula : 10 Kg.
  • - Sandang : 15 dus.
  • - Snack

Alhamdulillah, Puji Tuhan.

Kami ber 17, menggunakan 4 mobil yang juga terisi sumbangan diatas, berangkat pada pukul 16.00 WITA, hari kamis 17 September 2009. Singgah sejenak di bukit jegeg (daerah wisata danau tamblingan dan danau buyan) untuk berbuka puasa, dilanjutkan makan malam di Seririt, Singaraja dan akhirnya sampai di lokasi panti asuhan Ar Raudhah pada pukul 21.30 WITA dengan diantar oleh teman kami Agus Sofyan. Setiba disana, langsung mengadakan seremoni penyerahan sumbangan bersama 65 anak panti asuhan dan 7 pengurus panti. Acara tersebut selesai pada pukul 23.30 WITA dan kami langsung bertolak ke Denpasar hingga tiba pukul 02.00 WITA dengan keadaan selamat tanpa ada halangan. Terima kasih Tuhan.

Kami, atas nama panitia kecil mengucapkan syukur terima kasih kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam, para donatur, media facebook, panti asuhan Ar Raudhah, keluarga Agus Sofyan, keluarga Muhammad Akil atas keberlangsungan acara ini.

Semoga, Allah SWT Tuhan semesta alam memberikan rejeki yang berlimpah bagi para donatur serta pihak-pihak yang telah membantu terwujudnya acara penyerahan zakat dan sumbangan amal untuk Panti Asuhan Ar Raudhah, Gerokgak, Singaraja. Amin.

Hormat kami

Bali Orange Communications & Bali Outbound Community

Dokumentasi :

  • - Surat Edaran penyerahan sumbangan.
  • - Surat dari pengurus Panti Asuhan Ar Raudhah.
  • - Rekening Bank Panti Asuhan Ar Raudhah : BNI Capem Seririt, Singaraja. No rekening: 78005144.4.902

Kontak Panti Asuhan Ar Raudhah : Pak Safi’i (081337820789)

Laporan penyaluran zakat fitrah, amal dan sadaqah bisa juga dibaca di link berikut ini sebagai amanah yang telah dilaksanakan:

http://www.baliorange.web.id/laporan-kegiatan-penyaluran-zakat-dan-sumbangan-ke-panti-asuhan-ar-raudhah-singaraja/