Tanjung Benoa Watersport Scuba Diving

Tanjung Benoa Bali yang terletak di ujung tenggara Pulau Bali merupakan lokasi yang juga dikenal dengan wahana olahraga air (Water Sport/Marine Sport Adventure) seperti jet ski, banana boat, scuba diving, snorkeling, parasailing, seawalker, flying fish, mangrove forest tour, jet ski ride, rolling donut, dan atraksi yang terbaru yaitu flyboard.

Oleh karena itulah, Tanjung Benoa Watersport sebagai pusat wisata Bahari yang paling dekat dikunjungi dari area Denpasar, Kuta, Sanur dan Nusa Dua sendiri. Tanjung Benoa Bali memiliki karakteristik pantai yang bersih, berpasir putih, air laut yang tenang, tidak terlalu dalam dan membentang panjang dari ujung utara sampai selatan.

Paket harga (package price) watersport/marine sport adventure Tanjung Benoa Bali pun banyak ditawarkan dari para operator watersport ini. Rata - rata untuk Scuba Diving berkisar antara Rp 300.000,- tapi untuk turis/wisatawan mancanegara harga paket berkisar US $70. Hanya paket snorkeling yang termurah di sini yaitu antara Rp 100.000, sampai Rp 150.000 dan harga ini (tahun 2014) pun bisa berubah kapan saja menyesuaikan seiring laju inflasi perekonomian.

Karena begitu banyak operator yang menawarkan paket - paketnya dari ujung selatan sampai utara pantai Tanjung Benoa Bali, akhirnya kami memutuskan NBC Bali yang berlokasi di ujung utara pantai. Yah, kami pun lelah kalau harus balik arah lagi ke beberapa operator sebelumnya. Areal parkirnya luas, coffee shop dan resto juga nyaman. Rencananya kami akan beraksi Scuba Diving esok harinya karena waktu sudah menunjukkan jam 4 sore. Cuaca juga tidak begitu cerah dengan mendung di beberapa area yang menurut kami mengurangi keindahan karang dan alam bawah lautnya.

Namun, bujukan dan rayuan marketingnya yang cantik - cantik pun meluluhkan rencana kami. Kami pun mempersiapkan diri untuk beraksi Scuba Diving sore itu juga. Jangan kuatir kalau anda belum mahir berenang karena ada instruktur yang akan mendampingi anda dan di bawah laut nanti ada semacam track tersendiri dengan pegangan yang terbuat dari besi sebagai jalur pengaman.

Yang agak mahal adalah sewa kamera waterproof alias kamera kedap/anti air, yaitu Rp 400.000 (Paket foto bawah laut dan keping CD hasil foto - foto). Akan tetapi siap - siap agak kecewa dengan hasil fotonya karena kualitas kamera bukan high-resolution seperti GoPro Heroes. Akan lebih baik jika anda membawa sendiri atau paling tidak menyewa kamera waterproof atau high-res action camera lainnya yang kedap air. Note: Kualitas hasil fotonya bisa dilihat di kumpulan galeri di bawah artikel ini.

Instruksi kilat pun digelar sekitar 15 menit. Kami pun akhirnya di bawah dengan perahu menuju agak ke tengah pantai. Ternyata tiap - tiap operator watersport mempunyai semacam port/pelabuhan kecil sendiri - sendiri. Instruksi tambahan dari para instruktur yang sudah stand by di port tersebut juga diberikan, termasuk cara berkomunikasi di bawah laut dengan kode/bahasa tubuh (tangan). Peralatan scuba diving pun dipasangkan. Instruktur membawa kami ke dalam laut. Di dalam laut sudah ada track tersendiri dengan pengaman besi di kiri dan kanan.

Waktu scuba diving pun cukup singkat sekitar 15 menitan, berhubung mungkin kami adalah pelanggan terakhir di hari tersebut kami memperkirakan waktu scuba diving di dalam laut berkisar 20-30 menit. Keindahan karang bawah laut di Tanjung Benoa tidak seindah yang diberitakan, karena habitat terumbu karang terlihat kurang hidup dan mungkin juga cuaca mendung di sore hari juga mempengaruhinya. Hanya sekumpulan ikan - ikannya yang membuat suasana menjadi lebih indah dan mendekati kami.

Akhirnya kami pun kembali ke coffee shop/resto. Setelah berganti dengan pakaian kering, sambil menunggu transfer hasil foto - fotoan di bawah laut tadi kami disajikan teh hangat dan roti bakar. Lumayan untuk mengembalikan energi yang terkuras di bawah laut. Jika dibandingkan dengan keindahan bawah laut di Gili Trawangan memang lebih bagus di Gili Trawangan Lombok. Bagaimanapun aksi scuba diving di Tanjung Benoa tetap menyenangkan mengisi waktu liburan kali ini.