Indonesia Ecommerce SolutionsEcommerce Sales Report Dashboard

Bisnis online retailer (Indonesia Ecommerce) haruslah mengedepankan beberapa riset penting dan analisis mendalam dari berbagai segi seperti tingkah laku konsumen, produk, order, pengiriman dan tentunya performa website eCommerce Indonesia harus beroperasi optimal dan dimaksimal secara konsisten pastinya. Masalah - masalah utama dan bisnis eCommerce Indonesia haruslah dicarikan solusinya segera agar roda bisnis eCommerce di Indonesia juga mempunyai kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia dengan harapan bisnis eCommerce di Indonesia tetap menjadi idola dan primadona di Asia dan dunia.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa diterapkan bagi penjual/pebisnis Toko Belanja Online Indonesia agar produk - produk yang dijual bisa mengalami peningkatan penjualan yang menghasilkan profit/keuntungan yang juga diharapkan operasional bisnis eCommerce tetap bisa berjalan lancar tanpa bingung - bingung mencari suntikan dana ke investor. Mengoperasikan bisnis online milik sendiri merupakan sebuah kemerdekaan dalam berbisnis dan mampu menciptakan ketenangan serta kenyamanan dalam mengambil tindakan.

1. Proaktif Update Harga Terbaru

Mahal ataupun murah adalah ukuran relatif secara umum. Jika anda sudah mempunyai konsumen atau bahkan target potensial konsumen untuk produk - produk online yang dibanderol dengan cap mahal bagi beberapa/banyak konsumen tapi masih ada sebagian konsumen yang mampu membeli produk - produk tersebut ini merupakan lahan yang perlu digarap untuk mendatangkan order karena akan memberikan profit bagi bisnis online anda. Syarat produk tersebut haruslah unik dan jarang/bahkan tidak dijumpai di website eCommerce pesaing anda - handmade gift/souvenirs, custom made, etc.

Toko Belanja OnlineMatur Suksma Tembok Joger

Sedangkan produk - produk yang secara umum dijual di website - website eCommerce Indonesia seperti layaknya produk elektronik maka harga standar pun perlu diberlakukan. Jika anda pedagang kecil yang menjadi urutan dari berbagai ekor reseller ini merupakan tantangan terberat anda untuk menawarkan produk dengan harga diskon yang menarik namun tetap memberikan potensi profit bagi kelangsungan bisnis toko belanja online anda. Pesaing anda adalah distributor - distributor besar yang tentunya range profit mereka kemungkinan lebih besar sehingga permainan harga dengan diskon pun kadangkala banyak didominasi para pebisnis ini.

Riset dan review harga produk di beberapa website yang menyajikan perbandingan harga dari beberapa toko online yang ada di Indonesia. Anda bisa ikutan bergabung ataupun tidak dengan pengelola situs seperti itu karena ada dua sisi positif dan negatif. Sisi positif tentunya brand awareness terhadap merek toko belanja online anda plus traffic pengunjung bisa ada peningkatan sehingga potensi order pun ada, itupun jika harga yang anda tawarkan lebih menarik. Menawarkan harga lebih murah dari pesaing bagi konsumen sebenarnya bukan trik jitu, akan lebih baik jika penawaran harga tetap sama/standar dengan pesaing anda, tapi anda mampu menarik perhatian dengan membangun program - program yang bersifat loyalis kepada konsumen anda sehingga return order dari pelanggan setiapun akan tetap hadir dalam order manajemen toko belanja online anda. Sisi negatifnya bisa kebalikan dari sisi positif tadi. Ada beberapa rahasia tips jitu dalam menyiasati hal tersebut dan mampu mengkonversikan menjadi positif dengan mendatangkan order. Apakah strateginya? tunggu edisi selanjutnya atau kontak Indonesia Ecommerce untuk solusinya.

Yang harus anda cermati bahwa harga mahal/murah adalah relatif. Jika konsumen di Papua/Kalimantan/Sulawesi/Maluku merespon harga di toko online anda lebih murah daripada membeli di toko offline di lokasi mereka berada bukannya hal ini merupakan signal positif untuk menjual produk - produk online yang sedang mereka cari untuk di beli. Strategi - strategi khusus perlu diterapkan agar penjualan anda pun bisa meningkat menyiasati hal ini.

2. Tawarkan Promo dan Diskon

Implementasikan kode diskon di shopping cart untuk produk - produk tertentu. Strategi pemasaran online yang jitu akan mampu mendongkrak omset penjualan toko belanja online anda. Rencanakanlah berbagai promo dan diskon dalam satu tahun ke depan, buat catatan peristiwa - peristiwa besar dan bersejarah lengkap dengan tanggal dan bulannya dilanjutkan dengan pilihan produk yang sesuai dengan momen - momen penting tersebut. Formulasikan diskon dan harganya, tetapkan periode promonya dan tentukan media - media penyebar informasi untuk promo yang akan ditawarkan. Contoh sederhana yang juga mampu mengedukasi para konsumen seperti sejarah pertama komputer ditemukan kapan, dimana dan oleh siapa? Promo yang sesuai yaitu produk - produk elektronik komputer. Promo akan lebih dasyat lagi jika anda mampu mengkombinasikan atau mengkolaborasikan dengan program - program loyalis ataupun program kompetisi, semisal kompetisi kirim foto komputer tertua yang dimiliki oleh konsumen. Ajak konsumen berinteraksi secara proaktif juga untuk website eCommerce anda.

3. Pilihan Produk + Informasi Produk, Ketersediaan Stok

Kesan pertama konsumen melihat produk adalah gambar/image produk yang ditampilkan, image tentunya harus bagus optimalkan gambar produk yang mempunyai resolusi tinggi agar tidak memberatkan performa website - hindari image resolusi rendah plus kelengkapan informasi produk, yaitu produk data/deskripsi produk yang unik memenuhi konsep dasar SEO yang kontennya berkualitas dan mengandung unsur kata kunci yang digunakan konsumen untuk mencari produk. Informasi penunjang produk lainnya seperti material, ukuran (lengkap dengan diagram/chart), dan spesifikasi produk lainnya. Sajikan produk - produk alternatif agar konsumen lebih betah dalam kunjungannya dan membeli produk. Orang lebih senang memilih produk yang beraneka ragam dan membandingkannya satu per satu. Sadarilah bawa ini adalah nalusi alami seorang konsumen sebagai pembeli - di antaranya ada yang berperilaku seperti itu.

Update stock inventory semua produk - produk toko online secara reguler tiap hari terutama jika anda juga berjualan di toko offline agar jaminan stok untuk konsumen online senantiasa selalu terjaga demi menjamin kepuasan pelanggan.

4. Fitur dan Perfoma Website Ecommerce Berfungsi Dengan Baik

Website eCommerce Indonesia merupakan toko belanja online anda. Lakukan test order: add to cart > checkout > pilih pengiriman > pilih metode pembayaran > sampai dengan sukses ke halaman terima kasih order untuk memastikan semua transaksi order berjalan sempurna seperti yang diharapkan - terapkan rutin setiap hari di awal jam kerja dan akhir jam kerja. Jangan sampai konsumen menemukan disfungsi pada alur transaksi order di toko belanja online anda. Bereksperimen tiap hari dengan tim kerja anda layaknya konsumen yang sedang berbelanja di toko anda merupakan faktor yang sangat penting dalam operasional website eCommerce.

Jika perlu lakukan tes fitur chatting dengan customer services anda sendiri, jadilah seorang konsumen yang super menjengkelkan terutama di akhir jam kerja. Anda akan mengetahui kualitas pelayanan terhadap konsumen oleh tim eCommerce anda.

Hal - hal yang perlu dicek dalam sebuah website eCommerce Indonesia faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yaitu:

Kecepatan website: anda bisa mengecek kecepatan website anda dengan bantuan website test loading speed yang ada, tapi ingat itu adalah tools/engine bukan manusia, jika anda yang melakukan beberapa tes penting untuk fitur - fitur yang digunakan dalam website toko belanja online seperti layaknya seorang konsumen maka anda akan mengetahu lebih dini masalah yang ada dan bisa langsung cepat menemukan solusinya.

Akurasi fungi search/pencarian website eCommerce: fitur fungsi search sangat menentukan konsumen dalam menemukan produk yang akan dibeli. Jika anda menjual produk di website eCommerce anda sendiri akan lebih mudah untuk mengaturnya. Lakukan testing dengan kata kunci anda sendiri seperti "sepatu merah wanita", jika ada satu produk saja yang ditampilkan bukan sepatu merah wanita berarti fungsi search/pencarian di halaman toko belanja online anda ada yang salah, benahi segera! Optimalkan manajemen user log search yang tersimpan di halaman adminitrasi website eCommerce anda, data ini bagaikan harta karun atau tambang emas jika anda bisa mengolahnya. Jika anda mempunyai pengalaman berjualan produk di website eCommerce market place seperti Amazon dan eBay, maka anda pun akan berlomba agar produk anda tampil di halaman pertama hasil pencarian yang berkaitan dengan produk anda. Jadi jangan pernah mengabaikan fungsi search/pencarian meskipun itu website toko belanja online milik anda sendiri.

5. Evaluasi dan Analisa Laporan Bulanan

Lengkapkah laporan bulanan website eCommerce toko belanja online anda? Anda harus mendokumentasikan dalam sebuah laporan bulan seluruh operasional kerja sehari - hari. Tidak sebatas laporan jumlah order dan jumlah pendapatan ataupun profit. Komponennya sangat banyak dan semua perlu dievaluasi dan dianalisa selengkap - lengkapnya, jika perlu bandingkan laporan bulanan anda pada bulan yang sama di tahun lalu, temukan pola perbedaan atau persamaan jika ada, fluktuasi naik turun.

Laporan - laporan ini akan memberikan output yang positif dalam bisnis online anda: seperti ditemukannya jumlah transaksi order dengan status declined menggunakan kartu kredit yang tinggi. Hal ini berarti ada kemungkinan website eCommerce anda sedang menjadi sasaran target hacker untuk melakukan aksinya. Jika pengamanan website eCommerce anda lemah maka hal - hal bersifat negatif dan merugikan bisa saja terjadi. Namun, jika tingkat keamanan website anda tinggi anda bisa tetap memaksimalkan kinerjanya sehingga kualitas kenyamanan dan keamanan berbelanja online di website anda tetap terjaga - sepanjang waktu.

Analisa traffic pengunjung juga merupakan bagian dari laporan bulanan ini, pengunjung dari mana saja, berapa yang mendaftar dan memiliki akun, berapa yang membeli, pembeli pengunjung baru atau lama (returning order). Produk apa yang menjadi bestseller, produk apa yang paling banyak dicari konsumen, produk apa yang batal dibeli sekalipun, transaksi paling banyak menggunakan jenis pembayaran apa. Buatlah data selengkap mungkin beserta diagram/chart untuk mempermudah anda mengevaluasi dan menganalisanya.

Itulah beberapa Solusi eCommerce Indonesia Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online secara onsite yang bisa dipraktekkan, untuk solusi offsite semoga masih ada waktu dan tenaga untuk berbagai dengan Sobat Indonesia Ecommerce yang lainnya di lain waktu.