Trend Belanja Online Indonesia

Indonesia Ecommerce SolutionsIlustrasi Belanja Online di Indonesia

Era jaman sekarang, para konsumen sangat menikmati berbelanja online melalui internet, bahkan rasa aman dan nyaman pun telah dirasakan oleh para konsumen belanja online Indonesia daripada mengunjungi pusat - pusat perbelanjaan (mall/plasa/toko fisik) apalagi di saat - saat musim penghujan di mana jalanan rata - rata macet karena banjir. Konsumen pun bisa mengoptimalkan waktunya untuk mencari barang yang akan dibeli dan dengan cepat membandingkan harganya antara toko online yang ada. Penjual harus jeli melihat potensi dan cara konsumen dalam menentukan barang yang akan dibeli secara online.

Kadangkala, ada konsumen yang hanya browsing harga di internet dan membandingkannya dengan para penjual online lainnya. Jika harga sudah masuk dalam target budget harga barang yang akan dibeli ada juga konsumen yang langsung mendatangi alamat toko online tersebut dan bertransaksi secara offline. Potensi mendapatkan penjualan melalui cara ini haruslah masuk dalam perhitungan para penjual online dalam memasarkan dan mempromosikan barangnya.

Indonesia Ecommerce

Awal tahun 2014 ini, pebisnis/penjual/pedagang online harus mampu memprediksikan beberapa perubahan ke depan yang menentukan faktor - faktor dalam meningkatkan volume penjualan eCommerce di Indonesia, baik di tahun yang sama ini maupun 2 atau 3 tahun mendatang. Di Indonesia, masa transisi dari tren gaya belanja offline menjadi online sedang terjadi saat ini dan tahun - tahun mendatang tingkat penjualan online akan meningkat signifikan seiring dengan problematika hidup di lingkungan offline yang juga akan mengalami peningkatan.

Mobile Commerce

Selain berbasis website eCommerce, sebaiknya penjual juga menyediakan versi mobile commerce secara sederhana dan praktis mudah digunakan oleh para pembeli untuk bertransaksi online melalui perangkat smartphones ataupun tablets. Para usia produktif yang sudah mempunyai penghasilan mayoritas selalu beraktifitas melalui media tersebut baik untuk bersosialisasi dan tentunya bisa ditargetkan menjadi konsumen utama untuk penjualan bisnis online. Setiap kunjungan ke toko online melalui media - media pintar tadi haruslah mampu dikonversikan menjadi penjualan berbayar (paid order) bagi para penjual online.

Pengembangan aplikasi berbasis Mobile Commerce ini perlu dikembangkan secara intensif dengan target - target yang telah ditentukan dalam rencana pengembangan bisnis eCommerce bagi para pelanggan/konsumen di Indonesia. Kemudahan add to cart, checkout dan transaksi pembayaran online menjadi penentu keberhasilan untuk mengkonversikan penjualan yang terbayar yang secara otomatis akan memberikan profit bagi para penjual online. Strategi taktis pengembangan eCommerce Toko Belanja Online Indonesia menggunakan perangkat pintar ini juga harus menarik minat pembeli/konsumen, seperti penawaran promosi/kupon belanja pun harus tersedia.

Kompetisi Ecommerce Retailer Indonesia

Iklim kompetisi bisnis eCommerce di Indonesia juga semakin tinggi sejalan dengan berdirinya berbagai eCommerce website yang telah beroperasi di Indonesia, bahkan investor asing pun tidak ketinggalan untuk menjadi dominator dalam bisnis online di Indonesia. Bagi para startup Indonesia yang ingin berbisnis di sektor eCommerce ini haruslah tetap semangat dan bergerilya menggunakan kemampuan strateginya untuk menjadi bagian roda bisnis eCommerce di Indonesia. Konsep dasar ekonomi "profitable" dan menghindari penggunaan biaya yang berlebihan haruslah menjadi perhitungan.

Bisnis online tidak semurah yang digembar - gemborkan oleh beberapa pihak. Untuk menjadi yang terbaik dalam dunia bisnis Indonesia eCommerce memerlukan perjalanan waktu yang tidak singkat, kualitas - kualitas pelayanan eCommerce pebisnis online pun akan diuji oleh waktu yang terus berputar.

Solusi Ecommerce Indonesia Guna Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Silahkan klik link di atas untuk mengetahui solusi meningkatkan penjualan bisnis online ecommerce. Untuk detil strategi dan taktiknya setiap bisnis punya cara tersendiri.