Pemilihan Hewan Qurban Dalam Jual Beli Sapi dan Kambing Qurban

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha atau sudah dikenal dengan Hari Raya Qurban atau juga Hari Raya Haji. Hari raya yang diprediksi akan hadir pada tanggal 1 September 2017 ini akan diiringi penyembelihan hewan qurban baik Sapi atau Domba (Kambing). Panitia acara penyembelihan hewan qurban pun pastinya disibukkan dengan persiapan pemilihan hewan qurban yang terbaik.

Tiap - tiap Rukun Warga Muslim (RWM) tentunya sudah mempunyai panitia peringatan hari raya. Persiapan Sholat Idul Adha baik yang dilaksanakan baik di tanah lapang atau di Masjid pun tak kalah pentingnya dalam mempersiapkan pelaksanaannya. Terutama jika pelaksanaannya akan diadakan di lapangan, persiapan dari meja mimbar khotib, shof sholat, audio, parkir kendaraan, simbolik serah terima bantuan hewan qurban. Persiapan sebelum dan sesudah acara sangat direncanakan dengan musyawarah jamaah anggota RWM agar semuanya berjalan dengan lancar.

CIRI - CIRI KAMBING QURBAN YANG SEHAT

Kambing Qurban Yang Sehat

  • Kambing Jantan dan telah sempurna berumur satu (1) tahun.
  • Sudah keluar tanduk dan tumbuh sehat tidak patah.
  • Mata yang sehat bening/jernih, salah satu atau bahkan kedua matanya mengalami cacat/kebutaan.
  • Badan tegap, gemuk berdaging, tidak kurus sehingga tidak punya sumsum tulang.
  • Kambing sehat atau tidak gila.
  • Bulu bagus, sehat dan tidak rontok lebih dari sepertiga.
  • Kaki - kakinya tidak ada yang pincang atau patah.
  • Telingan tidak ada yang sobek atau terpotong lebih dari sepertiga.
  • Ekor utuh atau tidak terpotong lebih dari sepertiga.

Beberapa syarat pemilihan hewan qurban yang wajib diperhatikan dan dilaksanakan oleh panitia pengadaan hewan qurban adalah sebagai berikut:

  • Di Indonesia hewan qurban yang seringkali diqurbankan yaitu sapi dan domba (kambing) sebagai hewan ternak yang umum di Indonesia.
  • Umur atau usia hewan qurban telah memenuhi syari'at: untuk sapi telah sempurna berusia dua tahun, sedangkan untuk domba/kambing telah sempurna berusia setahun.
  • Hewan qurban tidak cacat fisiknya: seperti buta mata salah satu matanya apalagi kedua matanya, sakit yang jelas, salah satu kakinya pincang, sangat kurus tidak mempunyai sumsum tulang. Cacat fisik lainnya seperti: telinga terdapat sobekan, ekornya putus, tidak bertanduk atau bahkan tanduknya patah, gigi ompong.
  • Kepemilikan hewan qurban harus jelas diidentifikasi: bukan hasil dari pencurian, kepemilikan tunggal dari seseorang/penjual yang telah setuju untuk dijual, bukan hewan yang digadaikan, hewan warisan sebelum warisannya dibagi.
Jual Sapi Hewan QurbanJual Sapi Hewan Qurban

Oleh karena itulah, pilihlah hewan qurban yang fisiknya bagus dan sempurna meskipun harganya lebih mahal. Fisik yang bagus itu antara lain: berat atau bobotnya tinggi, tidak cacat/sakit, fisiknya gemuk sehingga potensi daging qurbannya pun banyak. Sebentar lagi pasti marak transaksi jual beli hewan qurban baik online dan juga di pinggir - pingir jalan.

Jual Sapi Hewan QurbanJual Sapi Hewan Qurban

Sebagai pantitia pengadaan hewan qurban seyogya jeli dan teliti sebelum membeli dan diharapkan juga para penjual juga tidak hanya berorientasi mendapatkan untung yang berlimbah tanpa memahami syarat - syarat hewan yang layak diperjualbelikan untuk qurban.

Contoh foto hewan qurban di dalam artikel ini milik kolega di wilayah (*Grati) Pasuruan, Jawa Timur. Jika ada yang berminat membeli dan melihatnya langsung bisa menghubungi:

Semoga barokah dan bermanfaat. Jika ada kekurangan/kesalahan dalam konten artikel ini mohon koreksinya dalam bentuk komen, bersama - sama membangun kebaikan.