Kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban RWM Al-Kautsar Buduk Idul Adha 1439H

Hari Raya Idul Adha 1439H yang diperingati pada hari ini Rabu, 22 Agustus 2018 diawali dengan Sholat Ied baik yang dilakukan di Masjid, Musholla ataupun juga di lapangan pada pagi harinya. Pagi hari yang cerah dan matahari bersinar dari ufuk timur menambah semangat untuk bersama - sama Sholat Ied di Lapangan Pusat Pemerintahan (Puspem)Kabupaten Badung. Rukun Warga Muslim (RWM) Al-Kautsar Buduk Mengwi Badung juga tidak ketinggalan mengadakan persiapan kegiatan penyembelihan hewan qurban seperti tahun - tahun sebelumnya.

Persiapan yang telah dikerjakan sehari sebelumnya yaitu melengkapi peralatan penyembelihan baik golok tajam, penggalian lubang untuk penampungan darah, kantong plastik untuk daging, pengiriman hewan qurban dan pendirian tenda. Meskipun area penyembelihan agak berbeda dengan tahun lalu dikarenakan area agak menyempit akibat longsor/robohnya pondasi tepi sungai. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat untuk selalu kompak bekerjasama bahu - membahu demi lancarnya acara kegiatan penyembelihan hewan qurban.

Alhamdulillah, hewan qurban yang siap sebanyak tiga ekor sapi, tiga ekor kambing plus satu ekor kambing donasi dari Toyota Kuta Bali. Para jamaah RWM Al-Kautsar pun telah siap berkumpul di lokasi jam 08.30 pagi dengan peralatan tambahan masing - masing. Acara demi acara kegiatan penyembelihan hewan qurban pun dimulai dan tentunya hal yang paling menantang dan memerlukan fokus perhatian serta energi lebih yaitu menjinakkan dan merobohkan sapi qurban tanpa menyakiti ataupun bahkan melukai. Semuanya pun berdoa demi kelancaran penyembelihan hewan qurban ini.

VIDEO IDUL QURBAN 1439H AL-KAUTSAR BUDUK MENGWI BADUNG

Semuanya yang hadir dan menyaksikan juga berharap kegiatan penyembelihan hewan qurban tahun ini lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya. Sapi pertama memang memerlukan energi lebih dan waktu yang agak lama dibandingkan dengan sapi - sapi berikutnya. Lebih baik berhati - hati terlebih dahulu sebagai antisipasi hal - hal yang tidak diinginkan. Bukan saja hewan qurban yang kemungkinan terluka, para jamaah yang bergotong - royong pun tetap berhati - hati juga agar tidak ada kecelakaan sekecil apapun. Syukur alhamdulillah, semua hewan qurban baik ketiga sapi dan keeempat kambing telah selesai dan lancar pemotongan atau penyembelihannya.

Tahap selanjutnya yaitu pemisahan kulit dari badan hewan qurban dan pemisahan daging dari tulang - belulang. Jamaah yang hadir pun bersama - sama saling membantu agar proses kegiatan qurban cepat selesai. Ibu - ibu jamaah juga mengambil peran menyiapkan kue/jajanan, minuman seperti es sirup dan kopi hangat, serta makan siang pun telah siap tersaji sebagai tambahan energi bapak - bapak yang terkuras sewaktu proses perobohan dan penyembelihan hewan qurban. Tahap terakhir yakni membagi daging qurban ke dalam kantong - kantong plastik yang rencananya akan dibagikan kepada yang berhak menerima dan beberapa pihak tambahan yang telah didiskusikan bersama panitia qurban.

Rangkaian acara kegiatan penyembelihan hewan qurban Idul Adha 1439H berjalan dengan lancar dan selesai siang hari. Terima kasih buat semua jamaah RWM Al-Kautsar Buduk dan semua pihak yang turut serta membantu kelancaran kegiatan ini baik langsung ataupun tidak langsung. Jika masih ada kekurangan mohon dimaafkan dan dimaklumi, semoga tahun - tahun mendatang lebih baik, tertib dan lancar. Semangat gotong - royong, persatuan dan kesatuan senantiasa semakin kokoh dan kuat dalam menjalin keharmonisan kehidupan kita semua, wassalam.