Info Seputar Mojokerto

Gapura Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

Berbagi reportase dan ulasan singkat bersama "Info Seputar Mojokerto" kota tercinta warga Mojokerto dan sekitarnya. Informasi mengenai wisata, kuliner dan informasi umum yang berguna bagi komunitas.

Mojokerto sebuah kota di Propinsi Jawa Timur berjarak 50 km barat daya dari Kota Surabaya. Sebagai kota peyangga utama ibukota Propinsi Jawa Timur selain Sidoarjo dan Gresik, kemajuan kota ini meningkat sangat pesat jika dianalisa dari tingkat pendapatan daerah yang tiap tahun mengalami peningkatan. Terlebih lagi bergesernya sentra - sentra industri ke wilayah Kabupaten Mojokerto seperti Ngoro Industrial Park (NIP) dan beberapa industri baru yang berkembang karena banjir lumpur lapindo yang menenggelamkan beberapa industri di area Porong Sidoarjo.

Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo dan Lamongan). Pembangunan terpadu Gerbang Kertosusila ini diharapkan membawa kemajuan kota dan kabupaten di masing - masing daerah terutama bagi warga sekitarnya semakin sejahtera.

Mojokerto terdiri dari Pemerintahan Kota dan Pemerintahan Kabupaten. Kabupaten Mojokerto diresmikan pada 9 Mei 1293 sebagai wilayah tertua ke-10 di Propinsi Jawa Timur. Kini, pusat Pemerintahan Kabupaten Mojokerto banyak yang dipindahkan ke Kecamatan Mojosari, sebelah timur Kota Mojokerto setelah Kota Mojokerto sendiri dinyatakan resmi berdiri pada tanggal 20 Juni 1918.

Indonesia E-commerce

Empowering e-commerce industry in Indonesia and educating Indonesian netizens about ecommerce business. Upakarti is committing to the growth of ecommerce in Indonesia by building partnership and good will relationship with ecommerce businesses. In addition, we are welcoming all international networks to enhance contribution in the global digital marketing.

  1. Indahnya Berbagi Air Bersih Alumni SMAN Mojosari 96 di Desa Kunjorowesi Kec Ngoro Mojokerto

    Indahnya Berbagi Air Bersih Alumni SMAN Mojosari 96 di Desa Kunjorowesi Kec Ngoro Mojokerto

    Minggu, 17 September 2017 pagi ini beberapa rekan dari Alumni SMAN Mojosari 96 (SMAN Mozar 96) telah bersiap diri untuk berbagi air bersih ke Desa Kunjorowesi Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Para alumnus yang menyempatkan diri untuk berpartisipasi berkumpul di sekitar terminal baru Mojosari dan berangkat bersama - sama menuju titik poin selanjutnya.

    Desa Kunjorowesi termasuk area yang selalu mengalami krisis air bersih ketika musim kemarau dan kejadian ini terus berulang dari tahun ke tahun selama puluhan tahun. Dulu antara tahun 90-93, saya pernah ikut dalam rombongan SMPN 1 Pungging dalam gerakan penanaman pohon atau reboisasi di Desa Kunjorowesi ini namun setelah sekian tahun berlalu entah mengapa kekeringan terus melanda desa ini. Apakah pohon - pohon yang dulu ditanam tidak dipelihara dan mati dalam kekeringan juga belum diketahui lebih detil.

    Read more »
  2. Wisata Trawas Trashion Carnival 2017

    Wisata Trawas Trashion Carnival 2017

    Kecamatan Trawas yang terletak di ujung sebelah tenggara dari Kabupaten Mojokerto kini terus berbenah memajukan daerahnya terutama dalam sektor pariwisata yang memang merupakan sebagai salah satu sentral pariwisata unggulan di Kabupaten Mojokerto. Kecamatan Trawas memiliki daya pesona keindahan alamnya karena diapit dua pegunungan yaitu Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno (Welirang).

    Lokasinya yang berada di lereng kedua pegunungan tersebut selain terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunannya, Trawas merupakan destinasi wisata favorit warga Ibukota Surabaya dan sekitarnya, terutama warga Mojokerto. Perumahan elit berbentuk villa juga banyak dijumpai di Trawas selain Air Terjun Delundung yang juga memiliki area untuk perkemahan. Peninggalan purbakala juga bisa dikunjungi yaitu Arca Buddha (Reco Lanang, Buddha).

    Read more »
  3. Setelah KPK Mengobok - obok Mojokerto, Kini GhostPempers Mengobok obok Sungai di Mojokerto

    Setelah KPK Mengobok - obok Mojokerto, Kini GhostPempers Mengobok obok Sungai di Mojokerto

    Ini bukanlah Pasukan Ghostbuster sang penangkap hantu atau makluk halus seperti yang ada di film Hollywood. Ini adalah Pasukan #GhostPempers yang sedang mengobok - obok sebuah sungai di Mojokerto, mencari dan membersihkan sampah diapers (baca: pempers). Hasilnya sampah - sampah diapers (baca: pempers) yang bau pesing dan sangat menjijikan ini dipungiti oleh pasukan yang tidak pantang mundur dan tak kenal lelah ini.

    These are not #GhostBuster as seen in the Hollywood movie but these are #GhostPempers cleaning the waste of diapers in the bank of the river in Mojokerto Regency East Java. Let's keep our river clean and don't throw away used diapers there.

    Mereka para #GhostPempers inilah sang pahlawan yang membersihkan sungai di Mojokerto. Mereka berpakaian sekilas seperti pakaian anti radiasi nuklir, dengan Scuba Mask melindungi penglihatan mata dan lengkap dengan masker hidung yang mirip membersihkan sampah nuklir yang berbahaya radiasi. Warga yang melintas dekat jembatan tempat pasukan ini bersih - bersih pun terpukau dengan aksi para #GhostPempers ini. Area jembatan yang dibersihkan oleh pasukan ini yaitu:

    Read more »
  4. Trawas Trashion Carnival 2017

    Trawas Trashion Carnival 2017Trawas Trashion Carnival 2017
    Nama Event: Trawas Trashion Carnival 2017
    Tanggal: Minggu, 20 Agustus 2017
    Jam: 12.00 - selesai
    Lokasi Start: Lapangan Trawas
    Lokasi Finish: Terminal Ketapan Rame

    Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 Pemerintahan Kecamatan Trawas Mojokerto kembali menggelar event akbar bertajuk "Trawas Trashion Carnival 2017" yang akan mempersembahkan puluhan kostum yang menarik dan unik untuk disaksikan bersama keluarga tercinta. Trawas Trashion Carnival 2017 ini merupakan agenda rutin tahunan di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto yang sudah berlangsung 4 tahun. Pada carnival kali ini akan menampilkan parade kostum yang didesain khusus untuk acara ini dengan berbagai tema yang menarik dan dipersembahkan oleh para talent berbakat dari Kota Mojokerto dan sekitarnya.

    Kecamatan sebagai kota kecil yang diapit oleh Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang merupakan kota tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh warga dari berbagai kota lain di Jawa Timur. Hawa pegunungan yang sejuk menjadi motivasi tersendiri bagi wisatawan untuk berlibur di akhir pekan melepaskan penat dan panasnya hawa perkotaan yang pada umumnya sangat panas dan bikin "gerah/sumuk/ongkep" istilah dari Moxerian (julukan baru warga kota Mojokerto). Trawas juga sangat diminati korporasi dan perkantoran dan dinas pemerintahan dalam melaksanakan kegiatan outbound, rapat dinas, training, dan kegiatan berencana lainnya.

    Read more »
  5. Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

    Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

    Sejarah Singkat Candi Bajang Ratu

    Candi Bajang Ratu ini terletak di Desa Temon Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur sebagai peninggalan purbakala/arkeologi Kerajaan Majapahit tempo dulu. Diprediksi bangunan ini dibangun pada jaman keemasan Majapahit pada abad ke-14. Bentuk aristekturnya yang menyerupai gapura ini mempunyai fungsi sebagai pintu masuk/gerbang menuju bangunan suci untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara.

    Nama "Bajang Ratu" sendiri dalam Bahasa Jawa berarti "Raja/Bangsawan". Menurut legenda Majapahit, raja kedua yaitu Raja Jayanegera sewaktu dinobatkan untuk menjadi raja usianya masih sangat muda "Bajang" sehingga diperkirakan alasan penamaan candi ini menjadi Bajang Ratu yakni "Ratu Bajang/Bajang Ratu" yang artinya "Raja Muda". Candi ini pada jaman Raja Jayanegara juga sudah ada dan berfungsi sebagai pintu belakang kerajaan. Untuk lebih lengkap dan detilnya dapat dibaca di Wikipedia Indonesia tentang Candi Bajang Ratu ini.

    Read more »

Featuring: AC DAIKIN

AC Favorit Pilihan Keluarga, Spesialis Dingin - Hawa sejuk, nyaman dan menyegarkan.