Bermain Outbound di Taman Kebun Raya Bedugul Bali

Bali Outbound di Kebun Raya Bedugul (Botanical Garden) yang menawarkan keindahan dan kesejukan hawa pegunungan yang menyegarkan dan aktivitas petualangan menantang seperti Bali Treetop Adventure, Spider Nets, Flying-Fox, Suspended bridges, Tarzan Jumps, Flying Swings dan beberapa kegiatan outbound/outing team building baik untuk perusahaan, organisasi, kampus/sekolahan dan bisa juga personal/pribadi/keluarga.

Bertepatan dengan liburan akhir tahun ajaran anak sekolah kali ini, tidak ketinggalan SD Fajar Harapan juga mengadakan tur bersama untuk anak kelas 5 dan kelas 6 sebagai acara perpisahan setelah menempuh ujian akhir nasional. Putri kami juga ikut serta dalam rombongan dan berangkat lebih dulu menggunakan bis yang disewa oleh pihak sekolah. Siangnya, kami sekeluarga berangkat menyusul ke lokasi tujuan wisata terakhir yaitu Kebun Raya Bedugul (Bedugul Botanical Garden).

Kebun Raya Bedugul memang bukan tempat wisata yang asing bagi kami dan tentunya warga Bali pada umumnya karena Kebun Raya Bedugul ini sebagai tujuan wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tarif tiket masuknya yang sangat terjangkau dan akses dari Kota Denpasar yang cepat dan mudah dikunjungi menjadikan obyek wisata ini menjadi pilihan utama warga Bali. Panorama keindahan alam pegunungan dengan udara segarnya sangat sesuai sebagai tempat untuk menyegarkan diri dan melepaskan kepenatan/ketegangan dari aktivitas atau rutinitas kerja keseharian.

Bagi yang sudah berkeluarga, Kebun Raya Bedugul ini juga sangat sesuai untuk kegiatan outdoor/di luar ruangan bagi anak - anak yang kini trend dengan permainan gadget. Di hamparan tanah yang luas dan hijau, anak - anak bisa berlarian berkejar - kejaran, bermain sepak bola, permainan tradisional, permainan bersama tim dan sejenisnya. Arisan keluarga, perkumpulan/organisasi/paguyuban juga sering diadakan di tempat ini karena bisa sangat praktis dan menghemat biaya konsumsi atau akomodasi lainnya, cukup membawa karpet atau tikar untuk lesehan bersama.

Peralatan outdoor yang cocok untuk dibawa selain karpet/tikar yaitu bola sepak, layang - layang jika cuaca cerah dan tidak merepotkan, atau apapun permainan outdoor yang dimiliki untuk dimainkan di tanah lapang. Ada yang belajar melukis dengan segala peralatan lukisnya, ada yang berolahraga Yoga, bartender dengan permainan lempar botolnya dan ada juga yang bersantai saja menikmati pemandangan alam sambil makan - makan.

Meskipun sudah beberapa kali berkunjung ke Kebun Raya tetapi baru kali ini saya memutari seluruh area kebun raya dengan mengikuti jalan tanjakan ke area perbukitan. Ternyata sangat luas dan ada Bali Treetop Adventure bagi yang ingin berpetualang ala Tarzan bergelantungan dari pohon yang satu ke pohon yang lainnya. Sayangnya hari sudah sore jadi sudah ditutup fasilitas treetop-nya. Obyek foto yang bagus dan menarik juga sangat beragam, ada patung raksasa, ada rumah kaktus, rumah anggrek dan pohon bambu yang beranekaragam jenisnya. Berhubung hari sudah senja beberapa titik menarik lainnya belum dieksplor lebih lanjut lagi.

Untuk koleksi foto di rumah kaktus dan rumah anggrek bisa disimak di related post berikut ini.