Acara Penyembelihan Hewan Qurban RWM Al-Kautsar Buduk Idul Adha 1438H

2 September 2017, Dalam acara lanjutan peringatan Hari Raya Idul Adha 1438H atau lebih akrab dengan Hari Raya Qurban oleh banyak kalangan masyarakat, Rukun Warga Muslim (RWM) Al-Kautsar Buduk melaksanakan acara penyembelihan hewan qurban juga. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyembelihan hewan qurban tahun ini diadakan H+1 yakni Hari Sabtunya dikarenakan kemarennya adalah Hari Jumat yang dikenal juga dengan sebutan hari pendek yang dikuatirkan acara penyembelihan hewan qurban akan terhenti/break untuk Sholat Jumat. Oleh karena itulah disepakati oleh semua warga muslim Al-kautsar untuk penyembelihan hewan qurban diadakan Hari Sabtunya.

Alhamdulillah, jumlah hewan qurban tahun 1438H kali ini total ada 3 Sapi dan 5 kambing. Acara dimulai sekitar jam 8.30 pagi dan dihadiri oleh sebagian warga RWM Al-Kautsar. Dibandingkan tahun lalu, simpatisan/relawan yang hadir pagi hari ini lebih sedikit dengan tahun lalu disebabkan ada beberapa anggota yang harus beraktivitas kerja seperti biasanya.

Tantangan terberat dalam setiap acara penyembelihan hewan qurban yakni waktu merobohkan sapi yang berukuran besar. Belajar dari video - video yang beredar di youtube atau juga dalam grup WA tentang cara yang jitu dalam merobohkan dan menyembelih sapi namun memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebagian warga memang bukan ahli dalam bidang per-sapi-an ditambah lagi banyaknya jumlah warga yang berpartisipasi aktif maupun menonton langsung ikut juga menyebabkan sapinya terlihat gusar atau stres. Apalagi memang warganya belum berkenalan dengan sapinya (*senyum dong ojo nesu, guyon/bercanda).

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, sapi pertama dapat dirobohkan dengan sigap bahkan lebih cepat dari yang saya duga. Trik dan kerja sama timnya kompak dan padu, sapi pun menyerah dan roboh tanpa ada bagian tubuhnya yang terluka. Selanjutnya yaitu penyembelihan lima ekor kambing dan juga selesai dengan lancar. Sebagian warga pun langsung turun tangan bekerja untuk memisahkan kulit dan tubuh atau badan 1 sapi dan 5 ekor kambing. Untuk sapi yang kedua dan ketiga rupa - rupanya memerlukan waktu lebih lama untuk merobohkannya apalagi kedua sapi tersebut melihat satu kawannya sudah terkapar dan sedang dikuliti.

Akhirnya semua hewan qurban pun selesai disembelih berkat kesigapan para anggota yang bahu - membahu bergotong royong. Tahap selanjutnya yaitu pengulitan dan pemotongan daging dan tulang hewan qurban. Satu tim lagi juga aktif untuk membersihkan organ dalam hewan atau jeroannya. Meskipun dari segi kesehatan jeroan lebih baik dihindari untuk dikonsumsi namun tipikal masyarakat kita adalah jangan sampai "mubazir", hayo ngaku masih ada yang suka soto babat kan? kecuali yang punya asam urat, gejala penyakit lainnya atau memang bukan hobinya. Tapi itulah selera masing - masing individu.

Pembagian Daging Hewan Qurban

Tahap terakhirnya yaitu pembagian dagingnya. Ibu - ibu juga hadir membantu menyiapkan konsumsi baik kue, kopi, es sirup dan makan siang menjadikan semangat tersendiri bagi bapak - bapak yang juga aktif dari pagi menjelang siang. Ibu - ibu menyarankan ditimbang dulu dagingnya supaya pembagian adil dan tidak timpang ada yang kebagian sedikit dan ada juga yang kebagian lebih banyak. Berhubung minimnya alat timbang yang tersedia dan harus gerak cepat mengingat waktu juga menjelang sore dan agar tidak menyita waktu lebih lama lagi, akhirnya seperti tradisi yang sudah diterapkan sebelumnya pembagiannya pun berdasarkan insting dan visual saja.

Mungkin jika tersedia 10 atau lebih alat timbang mungkin cara pembagian ditimbang dulu bisa diterapkan. Tapi pertimbangannya nanti juga mana yang sekiranya lebih cepat, tepat dan praktis dikarenakan pinggangnya bapak - bapak sudah kelelahan sudah banyak yang mau copot alias kelelahkan. Setelah semua daging terbagi dengan membuat barisan dan dibungkus, dilanjutkan dengan pembagian daging qurban oleh panitia. Syukur Alhamdulilah acara dari awal sampai akhir berjalan dengan lancar. Semoga Idul Adha atau Hari Raya Qurban tahun depan 1439H masih diberi kesempatan untuk menyambutnya lagi.

Galeri Penyembelihan/Pemotongan Sapi + Kambing & Pembagian Daging Hewan Qurban